Pospam Tempel Bakal Dilengkapi Tempat Istirahat Wisatawan saat Nataru 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Sleman bakal mendirikan 3 pos pengamanan (Pospam) dan satu pos pelayanan (Posyan) dalam operasi lilin progo menghadapi libur Natal dan tahun 2024.

Pospam didirikan di perbatasan Tempel, Gamping dan Prambanan sedangkan posyan berada di seputar Amplaz.

Menariknya, pospam Tempel nantinya bakal dilengkapi dengan rest area atau tempat istirahat bagi pemudik atau wisatawan yang kelelahan saat melakukan perjalanan. 

“Untuk yang di pospam Tempel kami sediakan juga selain pos pengamanan yaitu rest area bagi wisatawan maupun pemudik yang akan melaksanakan istirahat. Karena kemungkinan setiap pengendara itu memiliki titik lelah jadi di pospam tempel juga akan disediakan tempat istirahat,” kata Wakasat Lantas Polresta Sleman , AKP Arfita Dewi, Sabtu (16/12/2023). 

Menurut dia, ada 202 personel yang akan bertugas dan dibagi di tiga Pospam dan satu Posyan tersebut.

Selain dari personel yang tergabung dalam operasi lilin Progo, menghadapi Natal dan tahun baru juga dibantu personel dari Polsek Jajaran dengan jumlah anggota 1.071 personel.

Mereka akan dibagi tugas di titik-titik rawan kemacetan lalulintas, kemudian berjaga di sejumlah gereja maupun berjaga tempat hiburan masyarakat saat perayaan tahun baru.

Arfita mengatakan ada beberapa titik jalan di Sleman yang perlu diwaspadai bagi wisatawan karena intensitas kecelakaannya cukup tinggi sepanjang tahun 2023.

Baca juga: Bahagianya Warga Sumberrejo Tempel, Mbah Bardi Wujudkan Mimpi Mereka Dapat Akses Air Bersih

Di antaranya, jalan Siliwangi mulai dari tikungan Ngawen sampai simpang empat Pelemgurih.

Lalu di Jalan Padjadjaran di wilayah Depok Timur tepatnya mulai dari penggal Rumah Sakit JIH sampai simpang tiga Maguwoharjo.

Selanjutnya, di jalan Solo wilayah Kalasan dari penggal jalan Sambisari sampai Bogem. Terakhir di jalan Magelang mulai dari simpang tiga Pringsewu sampai seputar kantor TVRI. 

“Mungkin bisa kita ketahui bersama jalan-jalan tersebut merupakan jalan nasional yang kebanyakan pengendaranya berkecepatan tinggi dan rata-rata terjadi di putar balik, karena mungkin dari presentasi yang paling banyak itu adalah faktor dari kelalaian,” kata Arfita. 

Adapun titik rawan kepadatan kendaraan saat libur Natal dan tahun baru, ada di simpang empat Tempel, Monjali, dan Prambanan.

Polresta Sleman telah melakukan serangkaian langkah antisipasi dengan menyiapkan skema rekayasa lalulintas, tim pengurai hingga jalur alternatif di beberapa titik rawan tersebut. 

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *