Pemkab Samosir Gelar Diskusi Publik Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Pemerintah Kabupaten Samosir Melalui Portal SASADA dan PPID

21/12/2023

Berita

Pemkab 

Kominfo Samosir (21/12)

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika difasilitasi oleh USAID ERAT menggelar Diskusi Publik Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Pemerintah Kabupaten Samosir Melalui Portal SASADA dan PPID, yang dilaksanakan di Puro Coffee, Pangururan, Kamis (21/12).

Kegiatan diskusi publik ini dibuka oleh Kadis Kominfo Samosir Immanuel TP. Sitanggang, diikuti oleh LSM dan Jurnalis di Kabupaten Samosir. Turut hadir Provincial Governance Advisor USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan (virtual), Sekdis Kominfo Denri Sihaloho, Kabid IKP Togarma Naibaho, Kabid TI Advent Siahaan, dan Kordinator USAID ERAT Wilayah Samosir Adi MW. Sinaga.

Adapun narasumber yang dihadirkan diantaranya Kadis Kominfo Samosir Immanuel TP. Sitanggang dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Dr. Abdul Haris Nasution, SH, M.Kn yang hadir secara virtual (zoom).

Provincial Governance Advisor USAID ERAT Sumut Hawari Hasibuan dalam sambutannya mengatakan USAID ERAT hadir bertujuan salah satunya untuk menguatkan pemerintah dalam memberikan layanan publik yang efektif dan lebih baik.

Terkait Portal SASADA, yang sudah dilaunching pada bulan Maret lalu, diharapkan dapat memberikan kemudahan terkait permintaan data oleh semua pihak dan mewujudkan pengelolaan tata data yang semakin baik dalam mendukung perencanaan, evaluasi dan pengendalian pembagunan kedepan.

“Hadirnya SASADA dan PPID kita harapkan akan menghadirkan penyediaan dan kemudahan memberikan data yang akurat dan mudah di akses, baik oleh media maupun masyarakat, bahkan bisa menjadi data untuk siapapun yang melakukan riset di Kabupaten Samosir nantinya”, jelas Hawari.

Kegiatan ini, kata Hawari bukan hanya mensosialisasikan portal SASADA kepada masyarakat melalui media, tetapi juga sebagai forum menambah data set yang ada. Penyempurnaan portal tidak hanya dari pemerintah tetapi juga dari masyarakat.

Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang dalam sambutannya menyampaikan bahwa diskusi publik merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan informasi Pemerintah Kabupaten Samosir melalui portal SASADA (Samosir Satu Data) yang dikaitkan dengan PPID.

Terkait portal SASADA, bersama USAID ERAT telah dilakukan berbagai kegiatan dengan lintas OPD. Immanuel menjelaskan, hingga saat ini, pada portal SASADA masih tersedia 163 data set, dimana data ini masih merupakan informasi dari 10 program prioritas Bupati/Wakil Bupati Samosir, dan kedepan akan terus diperkaya sehingga menjadi portal data tunggal terkait Kabupaten Samosir.

Terkait PPID, Immanuel menjelaskan bahwa Kabupaten Samosir menerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kategori Kabupaten/Kota Informatif yang digelar Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumut, pada bulan Agustus lalu.

“Semoga penghargaan ini dapat kita pertahankan, sebagai komitmen pelayanan informasi yang terbuka dan inovatif guna mewujudkan good government di Kabupaten Samosir”, kata Immanuel Sitanggang.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan penyampaian paparan oleh narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Fernando Sitanggang (Ketua IWO Kabupaten Samosir).

Bagikan Artikel :





 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *