Libur Nataru, Pemprov Jateng Siapkan Posko di Perbatasan dan Terminal 

SEMARANG – Selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiagakan personel, serta menyiapkan posko di beberapa titik perbatasan dan terminal. Hal itu dilakukan sebagai upaya menciptakan kelancaran, kenyamanan, dan keamanan bagi pemudik atau pergerakan masyarakat selama libur Nataru.

“Kami punya personel yang mendukung langsung pelaksanaan Operasi Lilin Candi ini. Dari Dinas Perhubungan juga dari Satpol PP,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, seusai mengikuti Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023-2024, di Lapangan Pancasila (Simpanglima), Semarang, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, posko yang disediakan oleh Pemprov Jateng meliputi Pos Terpadu dan posko di beberapa lokasi. Pos Terpadu berada di Kantor Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan posko yang disediakan, ada di Balai Perhubungan Wilayah yakni di Semarang, Pati, Solo, Magelang, Purwokerto, dan Pekalongan.

Personel di enam posko tersebut, terang Nana, akan melakukan patroli keliling ke tempat-tempat rawan kemacetan, dan objek wisata. Selain itu, juga dididirkan posko lain yang berada di Pasar Linggapura, perlintasan sebidang Ketanggungan Brebes, Ketapang Blora yang berbatasan dengan Jawa Timur, Cemoro Kandang Karanganyar, exit tol Banyudono, serta gerbang tol Kalikangkung. Selain itu juga 22 pos di terminal tipe B yang ada di Wilayah Jawa Tengah. Pos di terminal ini juga digunakan untuk pengecekan kendaraan.

Nana menambahkan, dalam upaya menciptakan stabilitas selama libur Nataru, koordinasi dengan stakeholder terus dilakukan. Sebelumnya, rapat koordinasi dengan berbagai instansi, termasuk pihak swasta, telah dilakukan. Di antaranya terkait ketersediaan pangan dan stabilisasi harga bahan pokok.

“Ketersediaan pangan selama nataru dalam kondisi baik, artinya cukup,” katanya.

Ketersediaan pangan dan kebutuhan lain seperti BBM dan listrik, juga dipastikan tercukupi selama momentum tersebut.

Sementara itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, sebanyak 15.250 orang personel dikerahkan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Belasan ribu personel tersebut terdiri atas anggota Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan personel dari instansi lainnya.

Dia menjelaskan, Operasi Lilin Candi 2023-2024 akan digelar selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

“Dari jumlah anggota itu tersebar di masing-masing Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu,” beber Luthfi .

Dituturkan, pengerahan personel itu guna memberikan jaminan keamanan masyarakat dalam perayaan natal dan tahun baru.

Dalam kesempatan itu, Luthfi menyampaikan, kendaraan yang melintas di gerbang tol Kalikangkung sudah mencapai 26 ribu unit. Dalam sepekan ini rata-rata ada kenaikan seribu kendaraan per hari. Estimasi puncak arus lalu lintas terjadi pada tanggal 23-24 Desember 2023 dengan perkiraan 35 ribu kendaraan.

“Dibandingkan tahun 2022, ada peningkatan 143 persen untuk masyarakat kita yang mudik ke Jawa Tengah,” tandas dia. (Humas Jateng)*ul

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *