SINERGITAS DENGAN KEMENTAN RI, BUPATI SAMOSIR BANTU PETANI 2 UNIT COMBINE HARVESTER BESAR

29/12/2023

Berita

Kominfo Samosir (29/12)

Dalam upaya peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi, Bupati Samosir menyerahkan 2 unit Combine Harvester Besar kepada petani di Desa Sitinjak, 28/12.

Bantuan hasil sinergitas dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian diserahkan secara langsung kepada Ketua Kelompok Tani Mawar Jaya Desa Sitinjak dan Ketua Kelompok Bersama Desa Pangaloan.

Bupati Samosir, Vandiko berharap alat pertanian dengan teknologi canggih tersebut dapat digunakan sebaik mungkin dan memahami cara kerja alat, mau belajar dan sebaiknya bisa diketahui seluruh kelompok tani. Diberdayakan dengan baik, diawasi sehingga alat dapat berfungsi dalam jangka waktu lama.

“Saya tidak mau mendengar barangnya hanya milik ketua kelompok tani, tidak bisa dipakai karena tidak ada operasional. Kalau saya temukan alat ini tidak bekerja maksimal dan tidak bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi, apalagi disalahgunakan maka akan saya tarik” tegas Vandiko.

Maka diingatkan agar bantuan alat pertanian ini betul-betul dimanfaatkan dan mengutamakan kesejahteraan seluruh anggota kelompok. Dengan adanya alat ini diharapkan luas lahan dapat ditingkatkan dan mengatur pola tanam serentak sehingga panen dapat meningkat.

“Panen sudah semakin mudah, Combine Harvester Besar dapat memanen 900 ha, tinggal bagaimana kita mau menanam serentak. Selamat Natal dan selamat menjelang Tahun Baru, titip salam kepada seluruh keluarga. Semoga Natal membawa kedamaian dan sukacita kepada kita” tutup Vandiko

Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menjelaskan bantuan kepada kelompok Tani bersama dan mawar jaya karena kedua kelompok tersebut memiliki luas lahan yang mencukupi yaitu 979 ha, dan Kelompok Tani Bersama 295 ha dan didukung ketersediaan pompa air. Tumiur berharap, produksi tanaman pangan padi dapat dilakukan 2 kali bertanam dan 1 kali jagung.

Ketua Kelompok Tani Mawar Jaya, Robento Sitinjak mengucapkan terima kasih kepada Bupati Samosir atas perhatian yang begitu besar. “Bantuan ini sebagai kado natal terbesar bagi kelompok kami. Semoga Kabupaten Samosir semakin Jaya” kata Robento penuh semangat.

Turut hadir Pabung 0210 TU, G. Sebayang, Kepala Desa Pangaloan, Sekretaris Desa Sitinjak , Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, pimpinan OPD dan kelompLok penerima.

Bagikan Artikel :





 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *