Uniknya TPS 01 Desa Ngraho, Padukan Nuansa Valentine dan Bhinneka Tunggal Ika

BLORA – Banyak cara dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik partisipasi masyarakat. Seperti yang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora.

Pelaksanaan pemungutan suara yang bertepatan dengan hari kasih sayang, menginspirasi KPPS setempat untuk menyulap Balai Desa sebagai lokasi TPS dengan nuansa Valentine, dengan hiasan bunga-bunga layaknya pesta anak muda.

Namun, mereka tetap tak meninggalkan semangat kebangsaan, dengan menambahkan konsep Bhinneka Tunggal Ika. Semua anggota KPPS mengenakan pakaian adat nusantara.

“Karena ini bersamaan dengan hari Valentine atau hari kasih sayang. Supaya tampak lebih meriah dan ada pemandangan berbeda dan menarik. Sehingga masyarakat betah. Kita usung konsep Bhineka Tunggal Ika. Semua mengenakan pakaian adat, termasuk saya mengenakan pakain lurik,” ujar Kepala Desa Ngraho Sri Lestari Indajani, di balai desa setempat, Rabu (14/2/2024).

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, juga melakukan monitoring di TPS 01 Desa Ngraho, didampingi Sekda Blora, Komang Gede Irawadi bersama pimpinan Organisai Perangkat Daerah (OPD, beserta jajaran Polres dan Kodim Blora. Selain itu, ikut monitoring jajaran KPU dan Bawaslu Blora serta Forkopimcam Kedungtuban.

“Sejauh ini, pelaksanaan pemungutan suara masih kondusif,” ujar Mbak Etik sapaan akrab wabup.

Dia merasa senang, bahkan sempat terkejut mendapat hadiah buket coklat dari anggota TPS unik ini.

“Ini saya dapat hadiah coklat. Karena ini bersamaan dengan hari Valentine,” ungkapnya.

Penulis : Teguh Kominfo BloraEditor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *