15 Menit, Damkar Sragen Berhasil Evakuasi Kambing Tercebur ke Sumur

SRAGEN – Petugas pemadam kebakaran (damkar) tak hanya berjibaku menjinakkan api, mereka juga harus sigap melakukan evakuasi hewan. Seperti yang dilakukan petugas Damkar Kabupaten Sragen ini.

Mereka mengevakuasi satu ekor kambing milik warga yang tercebur ke sumur sedalam 15 meter milik warga di Dukuh Kutorejo RT 009, Desa Plosokerep, Kecamatan Karangmalang, Selasa (20/2/2024) siang. Kondisi medan yang sempit, sedikit menyulitkan petugas damkar dalam melakukan proses evakuasi.

Proses evakuasi kambing betina seberat 60 kg itu berjalan selama 15 menit. Tak hanya personel Damkar, proses penyelamatan juga melibatkan enam personel BPBD Sragen dan warga setempat.

Pemilik kambing, Basr Rohmadi menyampaikan kambingnya tercebur ke sumur milik tetangga depan rumahnya.

Semula kambing betina itu berkeliaran mencari rumput di sekitar rumah. Sempat dikandangkan, kambing berusia setahun lebih itu keluar lagi lalu tercebur sumur.

“Kambing itu tahu-tahu tercebur sumur. Kayu penutup sumur pun ikut terjatuh. Awalnya saya berusaha mengevakuasi sendiri tetapi tidak bisa kemudian meminta bantuan Damkar Sragen,” ujarnya.

Sumur tersebut berdiameter 1,3 meter dengan ketinggian bibir sumur yang hampir rata dengan tanah. Sumur itu memiliki dua pilar dengan palang besi.

Setelah mendapat laporan, tim gabungan datang untuk mengevakuasi kambing tersebut. Tiang sumur yang dijadikan penahan petugas yang turun ke sumur sempat ambrol. Petugas akhirnya bisa mengeluarkan kambing bunting itu dengan selamat.

Personel Damkar Sragen, Aditya Yunanto yang turun ke dalam sumur mengaku sempat kesulitan menjangkau kambing karena airnya penuh dan dalam. Kakinya tak bisa menyentuh dasar sumur.

“Saat hendak ditarik ke atas, kepala saya kejatuhan batu bata akibat tiang sumur ambrol. Untung pakai helmet sehingga selamat. Benturannya keras sekali terasa,” jelasnya yang baru kali pertama mengevakuasi kambing dari dalam sumur.

Sementara Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Satpol PP Sragen, Anton Sujarwo, mengatakan waktu evakuasi terbilang singkat, sekitar 15 menit. Sempat ada drama tembok sumur ambrol, tapi untungnya semua selamat karena petugas mengenakan pakaian keselamatan lengkap.

Penulis : Miyos/Yuli_Diskominfo SragenEditor : WH/DiskominfoJtg

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *