Sukoharjo Juarai Lomba Senam Kreasi CTPS PKK Jateng 2024

SEMARANG – Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Jateng menyelenggarakan lomba senam kreasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), di Grhadhika Bhakti Praja, Selasa (5/3/2024). Kabupaten Sukoharjo berhasil menjadi juara lomba,  mengalahkan 32 peserta lainnya.

Ketua Bidang III (Pembinaan Karakter Keluarga) TP PKK Jateng Indah Sumarno mengatakan, lomba itu merupakan ikhtiar menyosialisasikan kebiasaan hidup bersih pada masyarakat. Pemenang lomba CTPS, nantinya akan mewakili Jateng ke tingkat nasional.

“Hal baik perlu disosialisasikan dengan kreativitas dan inovasi. Lomba ini satu di antaranya. Karena aktivitas kita perlu diawali dengan cuci tangan, seperti makan, sehabis membersihkan diri dalam berwudhu pun diawali cuci tangan,” ucapnya.

Setelah melalui penjurian yang ketat, dewan juri memutuskan tiga juara. Kabupaten Sukoharjo sebagai Juara I, diikuti Kota Pekalongan Juara II dan Kota Surakarta sebagai Juara III.

Ketua TP PKK Sukoharjo Loeh Dyah Agus Santosa mengaku bersyukur dengan predikat yang diperoleh. Ia mengatakan, telah mempersiapkan ajang tersebut selama satu bulan. Selain itu, tim senam Kabupaten Sukoharjo juga mengkreasikan busana khas wilayah setempat.

“Seminggu bisa sampai tiga kali latihan. Seminggu mendekati acara, kita tiap hari latihan, busananya juga terinspirasi kisah Kebo Kinul,” tuturnya.

Maju ke tingkat nasional, Dyah menyatakan bakal lebih gencar berlatih. Pihaknya juga akan berkonsultasi dengan para pakar, untuk mengkreasikan padu padan senam dan edukasi CTPS yang elok. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *