28 TP PKK dan DWP Ikuti Lomba Merangkai Parsel Produk UMKM Halal

SEMARANG – Sebanyak 28 peserta dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/ Kota se-Jateng, perwakilan TP PKK Provinsi, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jateng, mengikuti lomba merangkai parsel produk UMKM Halal. Kegiatan itu berlangsung dalam ajang Jateng Halal Vaganza 2024, di Halaman DPRD Jateng, Rabu (27/3/2024).

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana mengatakan, Jateng Halal Vaganza adalah bagian dari Nusantara Halal Fair yang diinisiasi Komisi Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Platform ini mempunyai tujuan untuk menggelorakan pasar bisnis halal sesuai syariat Islam di Indonesia.

Mengusung tagline, “Makin Halal Makin Maksimal” ajang ini, diharapkan memperluas pangsa pasar produk UMKM Halal asal Jateng. Bagi TP PKK PKK, lomba ini bertujuan memperkaya keterampilan dan menjadi inspirasi peluang bisnis, sekaligus promosi produk yang telah tersertifikasi halal.

“Bukan sekadar lomba biasa, tapi juga ilmu untuk pengembangan diri (TP PKK). Sekaligus  ajang promosi UKM Jateng, yang telah bersertifikat halal,” tutur Shinta.

PKK Kota Salatiga Menang

Dalam lomba merangkai parsel 2024, para peserta dari 28 kabupaten/kota di Jateng saling bersaing. Diberi waktu 1,5 jam, mereka saling berkreasi menumpahkan ide untuk menyusun kudapan-kudapan halal, agar terkemas apik.

Setelah tenggat waktu lomba, juri menetapkan tiga juara utama dan tiga juara harapan. Terpilih sebagai Juara I Lomba Merangkai Parsel 2024 adalah PKK Kota Salatiga.

Penjabat Ketua TP PKK Salatiga Anita Yasip Khasani mengaku, tidak menyangka bisa juara. Sebab, persiapan yang dilakukan hanya dua hari sebelum hari tanding.

“Kita tidak  menyangka karena saingannya bagus bagus. Konsep kami  original, yang penting happy, senang,  agar bisa memberi yang terbaik. Karena kami masih menggalakkan PKK Salatiga bahagia berjaya,” urainya.

Juara I ajang ini mendapatkan uang sebesar Rp3 juta, Juara II meraih Rp2 juta, dan Juara III mendapatkan Rp1,5 juta. Sementara, tiga juara harapan mendapatkan sertifikat  dari Gubernur Jawa Tengah. Pemenang Lomba PKK Merangkai Parsel Produk UMKM Jateng, sebagai berikut :

Juara I : Kota Salatiga

Juara II : Kabupaten Temanggung

Juara III : DWP Provinsi Jateng

Juara Harapan I : Kabupatèn Banjarnegara

Juara Harapan II : Kabupaten Grobogan

Juara Harapan III : Tegal

(Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *