Tokoh Masyarakat Ikut Senang, Kawasan Dieng Menuju Geopark Nasional  

WONOSOBO – Kawasan dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, yang saat ini berproses menuju Geopark Nasional, mendapat tanggapan positif dari tokoh masyarakat Dieng. Sebab, hal itu membuat tempat wisata Dieng lebih dikenal masyarakat luas.

Tokoh masyarakat Dieng, Alif Fauzi, bersyukur dan mengapresiasi semua pihak, terutama kepada pemerintah yang berusaha, dan menjadikan brand destinasi Dieng jadi Geopark atau taman bumi.

“Tentu ini menjadi harapan kita, pemanfaatan bumi yang benar dalam pelayanan wisatawan, sehingga dampak pelayanan ataupun pelestarian lingkungan, pelestarian budaya, dan peningkatan ekonomi akan sesuai dengan harapan kita,” kata Alif, saat ditemui di Wonosobo, Senin (22/4/2024) sore.

Menurutnya, taman bumi ini harus dijaga, dan harapannya secara keberlanjutan akan terus dilakukan. Sebab, hal itu adalah amanah warisan yang harus disampaikan ke anak cucu kelak.

“Itu jadi amanah warisan yang disampikan ke anak cucu kita semua, harapan kita semua, dan jadi harapan daya tarik mendunia, serta bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Jika nanti Dieng jadi Geopark Nasional, kata dia, maka perlu melihat Geopark dunia yang lain, bahwa keramahan (hospitality) kepada masyarakat harus dijaga. Geosite yang berkualitas menjadi tugas bersama untuk menjaganya, baik masyarakat, pemerintah, dan pelaku lain.

“Harapannya benar menjadi warisan yang spesial,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *