Hari Pertama, Babak Penyisihan MTQ Tingkat Provinsi Jateng Berlangsung Lancar  

PATI – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Pati, berlangsung meriah. Seperti yang tampak pada Jumat (26/4/2024), sejak pagi hingga petang hari.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jateng, Imam Buchori menjelaskan, kegiatan MTQ selama satu hari ini di babak penyisihan berlangsung lancar.

Alhamdulillah, pelaksanaan hari ini di babak penyisihan berjalan lancar,” tutur Imam, ditemui di Hotel The Shafin Pati, Jumat (26/4/2024).

Ia mengungkapkan, memang tadi terjadi perpindahan lokasi kegiatan yang semula di Alun-Alun Pati, ke Masjid Agung Baitunnur Pati, karena cuaca sangat panas. Akhirnya, pelaksanaan dilakukan di dalam masjid, sehingga kegiatan tetap berjalan lancar.

Hari itu, kata dia, kegiatan MTQ yang dilakukan adalah tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, cabang tahfidz, tartil putra dan putri, qiraat, hafalan, tafsir, seni kaligrafi, karya tulis, dan lainnya.

Imam menuturkan, Jateng merupakan provinsi besar dengan potensi unggulan di beberapa cabang. Bahkan banyak yang berprestasi, terutama pada event nasional.

“Untuk tilawah dewasa ini baru saja di Qatar, kaligrafinya. Kita pantau terus anak yang berprestasi di tingkat nasional,” sambungnya.

Adapun Kota Semarang menjadi daerah yang kerap mengukir prestasi, namun tidak menutup kemungkinan peserta dari daerah lain yang siap meraih prestasi bagus. Ia berharap, Jateng nantinya akan mengukir prestasi di event nasional, seperti di Kalimantan nanti.

“Harapannya di event, Jateng tergambar kekuatan bagus yang sesungguhnya. Bisa bicara banyak, dan Jateng bisa hasilkan sesuatu,” ujarnya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *