Puluhan Stan UMKM Ramaikan Bazar MTQ Tingkat Jateng di Pati

PATI – Puluhan stan milik pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pati dan sekitarnya, ikut meramaikan bazar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXX Provinsi Jawa Tengah. Seperti yang tampak di lokasi bazar, yang berada di halaman kantor Bupati Pati, Sabtu (27/4/2024).

Petugas stan UMKM dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati, Priyati,  menuturkan, pihaknya memang sengaja mendirikan stan UMKM di salah satu lokasi gelaran MTQ tingkat Jateng.

“Yang dijual produk yang dibuat teman-teman kami dari komunitas (PPDI Pati),” kata Priyati di stannya.

Ia mengaku, PPDI Pati mendirikan stan karena diajak untuk menampilkan produk karya PPDI yang layak jual dan menghasilkan. Selain, PPDI Pati juga ikut serta menyukseskan kegiatan MTQ.

Di stannya, terang perempuan asal Tayu Pati ini, ada sejumlah kerajinan bikinan penyandang disabilitas seperti batik, produk makanan ringan dan aneka produk kerajinan tangan menarik, dengan besaran harga mulai Rp15 ribu sampai Rp300 ribu.

Pihaknya mempersilakan masyarakat yang tengah hadir dalam kesempatan MTQ, untuk mampir ke stan pelaku UMKM, karena menyediakan berbagai kerajinan, kuliner, produk fesyen, dan lainnya, dengan kualitas bagus.

Pelaku UMKM lain, Kasiadi mengatakan, pihaknya menjual berbagai pernak-pernik MTQ di momen tersebut. Seperti gantungan kunci bertuliskan MTQ, gantungan kunci disertai foto kiai terkenal, gantungan kartu identitas diri, gelang, dan beraneka produk kerajinan lain.

Dengan harga Rp10 ribu hingga lebih tergantung dari model dan ukuran. Ia mengemukakan alasan jualan di MTQ Jateng di Pati, untuk meramaikan kegiatan, dengan membidik pembeli para tamu atau peserta MTQ.

“Pembeli dari Pekalongan, Brebes, Kabupaten Pati, Juwana Pati, dan daerah lain,” tutur Adi, sapaannya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *