Sajikan Floss Roll Mocaf, TP PKK Sukoharjo Menangi Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal 

SEMARANG – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukoharjo menjadi Juara I ajang Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal 2024. Lewat menu floss roll tepung mocaf, nori daun kelor, kimbab talas, dan lapis tahu, mereka akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Jambore Nasional PKK di Surakarta medio Mei 2024.

Perwakilan TP PKK Sukoharjo, Citra Dwi Wahyuni mengaku, tak menyangka bisa mendapatkan titel terbaik. Sebab, menurutnya, 33 peserta dari kabupaten/ kota lain, juga memiliki kreasi menu yang apik.

Bersama koleganya Sumartini dan rekan lainnya, Citra mengkreasikan kudapan berbahan pangan lokal.

“Ya menggunakan produk-produk lokal yang biasanya ditemui sehari-hari. Ada tepung mocaf (modified cassava flour) yang dibikin floss roll diberi mayonaise dan abon, kimbab talas menggunakan nori dari daun kelor, lapis tahu dengan daun waluh dibuat seperti rolade berlapis lapis,” jelasnya, seusai acara di Balai Sasana Widya Praja, BPSDMD Jateng, Selasa (30/4/2024).

Citra menyebut, untuk membuat kudapan kaya gizi seperti itu tidak mahal. Per menu, cukup merogoh Rp25 ribu. Menu itu bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati.

Citra mengaku, akan fokus mempersiapkan diri menuju ajang nasional. Ia akan menyuguhkan makanan secara maksimal.

“Ya kita akan berusaha semaksimal mungkin. Tidak mau over percaya diri, insyaallah siap,” tuturnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *