Ciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan

JEPARA – Para pendidik diminta mampu menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan, agar terus memicu hasrat anak untuk bersekolah. Sehingga, tidak ada nama baru dalam daftar anak tidak sekolah (ATS) di Jepara.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun I Jepara, Kamis (2/5/2024).

“Ciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, agar semangat anak-anak kita untuk terus sekolah, senantiasa terjaga. Jangan sampai ada nama baru dalam daftar ATS di Jepara,” ujarnya.

Disampaikan, pada April 2023 lalu masih terdapat 5.230 ATS di Jepara. Sedangkan pada April tahun ini, jumlahnya tinggal 1.023 anak.

“Kita telah berhasil mengembalikan begitu banyak ATS ke lembaga pendidikan,” kata dia.

Karenanya, lanjut Edy, pada pelaksanaan Merdeka Belajar, guru dituntut mampu melaksanakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sekaligus mampu mengoptimalkan seluruh bakat dan potensi spesifik yang dimiliki oleh anak didik

“Kepada bapak dan ibu guru, terus meningkatkan kompetensi dan berproses dalam pengembangan diri,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada pegawai yang berprestasi dan berdedikasi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Penulis: Diskominfo Jepara/APEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *