Hardiknas 2024, Sekda : Tingkatkan SDM, Sambut Indonesia Emas 2024

PEMALANG – Rangkaian Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 Jawa Tengah berlangsung meriah, Kamis (2/5/2024). Kegiatan yang berpusat di Kabupaten Pemalang itu, dimulai dari upacara peringatan di Alun-Alun, hingga gelaran lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Jawa Tengah, di gedung DPRD Pemalang.

Bertindak sebagai pembina upacara, Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. Seusai upacara, Sumarno langsung bertolak ke tempat LKS untuk melihat langsung produk unggulan karya siswa SMK se-Jateng. Ada sebanyak 35 stan, dengan seratusan sekolah kejuruan memamerkan produknya, seperti fesyen, olahan pertanian, hingga kerajinan.

Sumarno mengatakan, peringatan Hardiknas menjadi momentum menyambut Indonesia Emas 2024. Sebab, pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa.

“Peradaban suatu bangsa itu tidak lepas dari kualitas pendidikan. Jadi, kami berharap di hari ini mengingatkan, dan momentum peningkatan pendidikan di Jateng,” ujarnya.

Sekda menyebutkan, sumber daya manusia (SDM) menjadi tokoh utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Jadi, anak-anak kita yang sedang duduk di bangku sekolah SMP dan SMA itu, mereka yang akan tampil memimpin, nahkoda membawa kapal Indonesia menuju kemajuan itu. Sehingga kami berharap menjadi momentum, bahwa kita punya tugas berat bagaimana meningkatkan SDM untuk kemajuan Indonesia,” jelasnya.

Sumarno juga mengapresiasi karya siswa yang ikut dalam LKS.

“LKS yang ke-32 ini hal strategis, karena mengompetensikan atau uji kompetensi sekaligus seleksi di tingkat provinsi, nanti mewakili ke tingkat nasional. Semoga bisa mengharumkan nama Jateng,” tandasnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *