Hasil Pemilu 2024, PDIP, PKB, dan Golkar Raih Suara Terbanyak di Purbalingga

PURBALINGGA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Golongan Karya (Golkar) menempati posisi tiga besar peraih suara terbanyak, pada Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga.

Informasi tersebut disampaikan Ketua pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari, pada Rapat Pleno Terbuka yang diselenggarakan di Ruang Andrawina Hotel Owabong Bojongsari, beberapa waktu lalu.

Ia merinci, PDIP meraih 159.522 suara, PKB meraih 107.002 suara, Partai Golkar meraih 72.802 suara. Posisi di bawahnya ditempati oleh Partai Gerindra dengan perolehan 72.451 suara, dan Partai Keadilan Sejahtera sebanyak 68.387 suara. Selain kelima partai, sebanyak 13 partai lain memperoleh suara di bawah 30 ribu.

Zamzam, sapaan akrab Ketua KPU Purbalingga, menyebut, rapat pleno dihadiri oleh perwakilan OPD terkait, Bawaslu, dan perwakilan parpol peserta Pemilu 2024.

“Rapat pleno dihadiri oleh Bawaslu, Parpol peserta Pemilu 2024, serta rapat pleno sah minimal dihadiri (oleh) 3 (orang) anggota KPU dan alhamdulillah semua anggota KPU telah hadir malam hari ini,” ujarnya.

Zamzam melanjutkan, penetapan kursi dan calon anggota DPRD diumumkan paling lambat tiga hari setelah KPU Kabupaten Purbalingga menerima surat dari Mahkamah Konstitusi. KPU Kabupaten Purbalingga telah menerima surat dari Mahkamah Konstitusi pada Senin (29/4/2024), sehingga Kamis (2/5/2024) merupakan batas maksimal penetapan kursi dan calon anggota DPRD Kabupaten Purbalingga.

“Hal ini berdasarkan PKPU 6 Pasal 22 (tahun 2024) penetapan perolehan kursi dan calon pemilih maksimal 3 hari pasca-KPU menerima surat dari mahkamah konstitusi tentang daerah yang tidak ada sengketa,” pungkasnya.

Penulis: fph, Kominfo PurbalinggaEditor: Tn, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *