Solo Tuan Rumah HUT Dekranas dan HKG PKK, Dimeriahkan Parade Mobil Hias hingga Pameran Kerajinan Kriya

SURAKARTA – Kota Surakarta menjadi tuan rumah HUT ke-44 Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK, pada 15-18 Mei 2024. Ajang itu, akan menampilkan berbagai acara, mulai lomba antarkader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, pameran produk UKM, hingga parade kirab kriya dan budaya 102 kendaraan hias dari 38 provinsi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), yang juga Ketua Umum TP PKK, Tri Suswati Tito Karnavian, Minggu (12/5/2024). Hadir dalam konferensi pers, Ketua Bidang Kirab Endang Budi Karya, Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, Sekda Surakarta  Budi Murtono, dan Kapolresta Surakarta Kombes polisi Iwan Saktiadi.

Kepada para pewarta, ia menjelaskan, untuk efisiensi, HKG PKK dan HUT Dekranas dikemas dalam satu ajang. Hal itu berkaca dari penyelenggaraan event yang sama di Medan, 2023 lalu.

Dikatakan, ajang tersebut juga memberi dampak bagi perekonomian warga setempat. Mulai dari tingkat okupansi hotel, terjualnya produk-produk kerajinan, hingga kunjungan loka wisata.

“Jateng mudah untuk dicapai, transportasi ke tempat lancar, fasilitas hotel juga memadai, juga banyak tempat wisata lainnya. Kota Solo siap juga untuk menyelenggarakan, dan berkolaborasi, sehingga kami menunjuk Solo sebagai tuan rumah,” ujar Tri Tito, terkait penunjukan Kota Solo sebagai tuan rumah pada ajang nasional tersebut.

Ia menyebut, gelaran itu juga untuk mendongkrak penjualan produk kriya  warisan bangsa, yang sempat terimbas Covid-19. Karenanya, HUT Dekranas 2024 mengambil tema, “Tumbuh Bersama Memajukan Warisan Bangsa”.

Terkait HKG ke-52 PKK, Tri Tito membeberkan, akan ada sejumlah lomba yang digelar. Pesertanya, perwakilan kader PKK dari seluruh provinsi, yang dipusatkan di kompleks Balekambang, Surakarta.

Sementara, ekspo kerajinan kriya akan dipusatkan di area Pemedan, Pura Mangkunegaran. Terdapat 257 booth UKM kriya dari seluruh Indonesia.

“Akan mengundang seluruh pengurus, mengundang Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan Ketum Dekranas ibu Wury Ma’ruf Amin, beserta pengurus OASE, pengurus pusat Dekranas, Ketua Dekranasda, dan Ketua TP PKK seluruh Indonesia,” imbuh Tri Tito.

Ketua Bidang Kirab Kendaraan Hias  Dekranas, Endang Budi Karya mengatakan, kirab yang akan diselenggarakan menjadi yang terbesar se-Indonesia. Pengakuan itu, akan mendapatkan sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

Mengambil rute sejauh 2,3 kilometer dari stadion Sriwedari sampai Balaikota Solo, mobil hias akan menampilkan budaya dari masing-masing daerah. Acara akan dilaksanakan pada Rabu 15 Mei 2024, sekitar pukul 14.00 WIB.

“Pesertanya ada 102 kendaraan hias. Urutannya forijder kemudian pejalan kaki dari Kasunanan Surakarta sebanyak 80 orang, biolet atau kereta hias, defile PKK dari seluruh provinsi sekitar 1.200 pejalan kaki, mobil hias Dekranasda dan Dekranas,” ujarnya.

Endang Budi berharap, ajang tersebut bisa menyedot animo warga sekitar, dan menggelindingkan roda perekonomian setempat.

Sebagai informasi, untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan kegiatan, Tri Tito didampingi, Endang Budi Karya, Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, dan rombongan, meninjau lokasi yang akan digunakan untuk acara. Antara lain, Balekambang, Pamedan, Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi, dan lainnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *