Chef Arnold Terkesima dengan Hasil Masakan Nonberas para Kader PKK

SURAKARTA – Gedung Gastronomi di Taman Balekambang Solo, Selasa (14/5/2024), ramai dengan 38 peserta memasak, dari seluruh provinsi di Indonesia. Dalam waktu dua jam, peserta berkreasi, mengolah bahan pangan nonberas, menjadi makanan yang menarik.

Ada yang membuat kudapan, masakan, dan sebagainya. Tak hanya bentuknya yang menarik, rasanya pun beragam, dengan bumbu khas dari masing-masing provinsi.

Chef kondang Arnold Poernomo, yang didapuk menjadi juri, bersama perwakilan dari Bapanas Neila Aisyah Arief Prasetya, TP PKK Pusat Ai Dariah Gede Suratha, dan ahli gizi IPB Prof Ali Khomsan, mengaku terkesan dengan hasil masakan para kader PKK.

“Seru, terkesima dengan kreativitas bapak ibu menggunakan pangan lokal, mengolah bahan jadi substitute beras nasi. Saya terkesima, apalagi penampilan hidangan yang membawa ciri khas provinsi masing-masing, semoga bisa diterima setiap kalangan,” ucapnya.

Arnold menyebut, rasa dari penganan yang disajikan sangat kaya. Banyaknya rempah, sempat membuat lidahnya “hang“. Di hadapan peserta dan pendukung, Arnold menyempatkan menyelipkan sedikit tips memasak.

“Ada tekstur makanan dan tingkat kematangan yang perlu diperhatikan. Soal rasa, lidah saya sampai overload. Indonesia banyak rempah, sampai sedikit nge-hang tadi. Tapi seru bisa mencicipi dan diundang di acara PKK yang seru ini,” pungkas Arnold.

Kegiatan lomba memasak kali itu, merupakan rangkaian Jambore Kader PKK 2024, yang digelar di Taman Balekambang, 14-16 Mei 2024. Pada hari pertama, Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah berjibaku dalam Lomba Memasak Nonberas, Lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dan Lomba Paduan Suara.

Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, ikut memberikan dukungan kepada para peserta yang berlomba. Kehadirannya, diharap mampu memompa semangat, agar mampu meraih hasil terbaik.

Didampingi Sekretaris PKK Jateng Ema Rachmawati, Shinta terlihat setia memberi semangat dari tribun penonton dengan tepukan, dan sesekali mengabadikan momen menggunakan telepon genggam.

Shinta berharap kontingen Jateng mendapatkan hasil yang terbaik. Para peserta pun telah berlatih keras, sebelum pelaksanaan lomba.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris TP PKK Jateng Ema Rachmawati. Menurutnya, mereka yang mewakili Jateng, merupakan yang terbaik dari lomba yang diselenggarakan di tingkat provinsi.

“Kita telah mempersiapkan lomba-lomba ini sejak beberapa bulan lalu. Mudah-mudahan hasil terbaik yang dicapai oleh Jawa Tengah,” tutur Ema. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Lomba Paduan Suara

Lomba Senam Kreasi 6 Langkah CTPS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *