Pecahkan Rekor Muri, 7.857 Perempuan Berkebaya Kompak Seduh Kopi Jepara

JEPARA – Ribuan perempuan berkebaya tampak memadati kawasan wisata Pantai Tirta Samudra Bandengan, Minggu (12/5/2024), dalam rangka pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Jajaran guru, siswa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat umum ikut memeriahkan pemecahan rekor perempuan berkebaya menyeduh kopi terbanyak.

Tercatat, ada 7.857 perempuan berkebaya yang kompak menyeduh kopi, hingga tercatat sebagai rekor spektakuler, yang sebelumnya ditarget 6.300 peserta. Kegiatan tersebut tercatat di Muri sebagai rekor yang ke-11.627.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, kegiatan itu merupakain inisiatif masyarakat Jepara dan swasta, yang sepenuhnya tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun murni partisipasi dari masyarakat.

Selain mengangkat potensi dan promosi produk kopi Jepara, Edy berharap juga dapat mengenalkan wisata lokal Jepara. Sebab, pada pemecahan rekor tersebut juga diisi dengan beragam pentas kesenian, seperti Jembul Banyumanis Tulakan dan pentas musik Carang Pakang Bandengan.

“Selamat buat kita semua, terima kasih buat semuanya yang telah men-support kegiatan ini dan mudah-mudahan jepara tetap maju,” ujar Edy.

Pada kesempatan itu, Edy meminta kepada seluruh OPD dan kecamatan di Jepara, untuk menyiapkan suguhan kopi Jepara kepada tamu yang datang.

“Kita selaku pemerintah berkewajiban meningkatkan produksi kopi yang ada di Jepara,” ujarnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, sajian kopi tak luput dari peran perempuan yang sangat besar mulai dari memetik kopi hingga menyeduh yang semuanya ada andil perempuan.

“Potensi daerah harus diuri-uri, serta terus bersama untuk memajukannya,” pesannya.

Penulis: Diskominfo Jepara/AsrorurEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *