Selesai, TMMD Reguler ke-120 Capai Target Tepat Waktu

BANJARNEGARA – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) TMMD Reguler ke-120 di Kabupaten Banjarnegara selesai tepat waktu dengan capaian target sebesar 100 persen.

Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi, mengatakan, program TMMD Reguler ke-120 tersebut sangat membantu pemerintah kabupaten untuk menyediakan infrastruktur jembatan bagi masyarakat di Desa Sijenggung.

“Dengan dibangunnya jembatan ini maka nantinya akan bisa memangkas waktu tempuh dari Desa Sijenggung menuju Kecamatan Punggelan, yang semula memakan waktu 1,5 jam, nantinya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit,” ujar Masrofi, saat menutup program TMMD Reguler ke-120 di Lapangan Desa Sijenggung, Jumat (7/6/2024).

Ditambahkan, pembangunan jalan dan jembatan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami berharap pembangunan jembatan dan jalan pada TMMD Reguler ke-120 kali ini juga akan bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara yang masih tinggi,” tambahnya.

Pj bupati juga mengimbau masyarakat Desa Sijenggung untuk turut merawat dan memelihara jalan dan jembatan yang telah dibangun agar dapat terus dimanfaatkan masyarakat.

Irdam IV/Diponegoro, Yudi Pranoto, menyampaikan, seluruh target sasaran TMMD tercapai 100 persen, setelah dilakukan pengerjaan sejak 8 Mei 2024.

Menurutnya, Program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat di wilayah pedesaan dan daerah-daerah terpencil.

Yudi menambahkan, tema TMMD Reguler ke-120, yakni Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah bermakna TNI bersama dengan pemerintah daerah, Polri, dan masyarakat mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat.

Dijelaskan, target kegiatan fisik yang berhasill diselesaikan dalam program TMMD Reguler ke-120 adalah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 806 meter dengan lebar 3,5 meter, pembangunan jembatan sepanjang 3 meter dengan lebar 3 meter, pembangunan talud jalan, rehabilitasi masjid dan pos siskamling, serta renovasi 3 unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Selanjutnya, capaian kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan kesehatan dan penurunan stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan, sosialisasi penanggulangan bencana alam, dan lainnya.

Di Wonosobo, program TMMD Reguler ke-120 di Desa Timbang juga selesai tepat waktu dengan capaian 100 persen.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam TMMD. Ia menyatakan, Kabupaten Wonosobo siap untuk menerima program TMMD Reguler lagi. Menurutnya, TMMD bukan hanya tentang pembangunan fisik semata, tetapi juga membangun semangat gotong royong dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat. TMMD telah berhasil mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah yang menjadi sasaran program ini.

“Apa yang telah kita capai melalui TMMD ini bukanlah akhir, melainkan awal dari upaya kita untuk terus memajukan dan menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Afif juga mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Partisipasi aktif dari seluruh masyarakat sangat diperlukan agar fasilitas yang telah dibangun dapat digunakan dengan baik dan tahan lama.

Penulis: Kiki, Kominfo Banjarnegara/ Azis , Kominfo Wonosobo

Editor: Tn, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *