Cahyo Awwali, Disabilitas Penjual Kebab Kini Miliki Sepeda Listrik dan Lanjutkan Pendidikan ke SMK

REMBANG – Remaja penyandang disabilitas dari Dukuh Gobog, Desa Gunungsari, Kecamatan Kaliori, Cahyo Awwali Ardandi menerima bantuan sepeda listrik roda tiga yang telah dimodifikasi, dari Sentra Margo Laras Pati dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang.

Selain itu, Cahyo juga menerima bantuan bahan-bahan pembuatan kebab, kebutuhan sehari-hari, serta peralatan dan perlengkapan sekolah.

Cahyo mengaku senang, saat mencoba sepeda roda tiga barunya. Dia juga tidak perlu khawatir setelah kelulusannya dari SMPN 2 Kaliori, karena dia telah mendaftar di SMKN 1 Rembang berkat bantuan dari pemerintah.

“Alhamdulillah senang, bisa untuk sekolah dan cari rejeki. Jualan kebab, air mineral, dan kopi. Terima kasih untuk pemerintah telah memberikan semuanya,” tutur Cahyo, saat ditemui di rumahnya, Kamis (13/6/2024).

Pekerja Sosial Sentra Margo Laras Pati Wahyu Sri Pamarto Putro menjelaskan, setelah berkoordinasi dengan Dinsos PPKB Rembang, mereka mengetahui keinginan kuat Cahyo untuk melanjutkan sekolah ke SMK.

“Kami bersama Dinsos PPKB mengadvokasi hak Cahyo terkait menempuh pendidikan ke jenjang lebih lanjut. Dengan pertimbangan jarak yang lebih dekat dengan rumahnya, akhirnya kami daftarkan ke SMKN 1 Rembang melalui jalur inklusi, alhamdulillah hasil asesmen Dinas Pendidikan Provinsi Cahyo masih mampu mengikuti pelajaran,” terangnya.

Terkait bantuan sepeda listrik roda tiga dengan box kaca, Wahyu menjelaskan, sepeda tersebut akan memudahkan Cahyo saat berjualan dan juga sebagai sarana untuk pergi ke sekolah.

“Cahyo ini kalau Sabtu Minggu jualan dan menempuh jarak yang jauh, ngojek dan jalan kaki, jadi kami bantu sepeda listrik ini. Selain untuk jualan juga bisa digunakan berangkat ke sekolah,” tambahnya.

Penulis: Mifta, Kominfo RembangEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *