Permudah Pelayanan Kesehatan, RSGM Ambarawa Luncurkan Aplikasi “Mas Kusumo”

KABUPATEN SEMARANG – Rumah Sakit Umum Daerah Gunawan Mangunkusumo (RSGM) Ambarawa meluncurkan aplikasi pelayanan kesehatan berbasis android, bertajuk Mas Kusumo. Peluncuran ditandai penekanan tombol aplikasi oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha, di halaman rumah sakit setempat, Jumat (14/6/2024) pagi.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan apresiasi, atas inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan itu.

“Kita berharap, pembaruan ini dapat memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan. Sehingga, mereka dapat dilayani dengan cepat dan mudah,” katanya.

Disampaikan, seluruh organisasi perangkat daerah termasuk rumah sakit, memang terus didorong untuk membuat inovasi yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Sehingga, hasil pembangunan di semua sektor dapat dirasakan manfaatnya oleh publik.

Bupati memastika, pihaknya akan membuat aplikasi terpadu, yang memuat berbagai pelayanan. Rencana itu sudah dalam pengerjaan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang.

Direktur RSGM, dr Hasty Wulandari menyampaikan, aplikasi Mas Kusumo merupakan integrasi pelayanan digital yang selama ini telah ada. Di antaranya, pendaftaran online, antrean di poliklinik dan instalasi farmasi, ketersediaan tempat tidur, pengaduan serta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mobile.

“Aplikasi ini juga dapat dikembangkan dengan penambahan informasi lainnya,” terangnya.

Kasubbag Tata Usaha RSCM selalu penggagas aplikasi Mas Kusumo, Tri Hariyanti menjelaskan, latar belakang inovasi yang dibuatnya untuk meningkatkan mutu pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Menurutnya, dengan aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai pelayanan kesehatan, dalam satu aplikasi yang praktis.

“Langkah ini merupakan tahapan untuk mewujudkan smart hospital yang memanfaatkan teknologi informasi, guna menjamin mutu manajemen rumah sakit yang baik,” pungkasnya.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab SemarangEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *