Maknai Idul Adha, Bupati Semarang Imbau Bantu Sesama

UNGARAN – Ratusan warga nampak memadati ruangan lantai I Masjid Al Mabrur dan halamannya, untuk menjalankan salat Iduladha 1445 Hijriah bersama Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Senin (17/6/2024).

Sesaat sebelum pelaksanaan salat, di hadapan jemaah, bupati menyerukan untuk saling membantu dan bersatu.

“Marilah kita introspeksi dengan selalu mengingat kisah keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang rela berkorban. Selalu membantu sesama yang kekurangan,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, H Muhtasit saat khotbah Iduladha menyinggung tentang keteguhan hati Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya karena perintah Allah SWT. Sebagai penghargaan atas kesungguhan itu, maka Allah SWT mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba untuk dikorbankan.

“Jangan ragu untuk membelanjakan rezeki yang kita miliki di jalan Allah SWT. Nanti akan diganti dengan yang berlipat ganda,” katanya.

Usai salat, bupati dan keluarga menyerahkan hewan kurban, yakni seekor sapi jenis Siemental berbobot sekitar 725 kilogram, yang diterima oleh Ketua Takmir Masjid Al Mabrur H Samsul Ridwan.

Sedangkan di Kabupaten Jepara, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menyerahkan tujuh sapi dari para pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Jepara, yang diserahkan sebagai hewan kurban. Satu ekor berasal dari Pj Bupati Edy Supriyanta dan enam lainnya dari para jajaran pejabat pemerintah daerah. Tidak hanya menyerahkan hewan kurban, pada kesempatan itu, sekda juga menyembelih salah satu sapi usai salat Iduladha, di Masjid Agung Baitul Makmur, Senin (17/6/2024).

“Dari jumlah tersebut, lima ekor kami titipkan melalui panitia kurban Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, sedangkan dua ekor lainnya diserahkan ke masyarakat,” jelas Edy.

Penulis: Junaedi/Diskominfo Kab Semarang; Bakolkopi/Sulismanto JeparaEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *