Organisasi Mahasiswa Berperan Penting Siapkan Kader Pemimpin Bangsa 

SEMARANG – Peran organisasi mahasiswa sangat penting dalam menyiapkan kader pemimpin bangsa di masa depan. Kreasi dan inovasi pun perlu dilakukan.

“Kita berharap pengaderan kepemimpinan Indonesia ini terus dilakukan, dengan inovasi yang baik dan semakin maju,” kata Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, saat saat membuka Munas Badan Pengelola Latihan (BPL) Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), di Aula Muria BPSDMD Jawa Tengah, Rabu (26/6/2024).

Ditambahkan, pengaderan tersebut dapat dilakukan melalui organisasi-organisasi mahasiswa, termasuk HMI. Dalam perjalanannya, kata Nana, HMI telah melahirkan tokoh-tokoh pemimpin yang berpengaruh dalam perkembangan bangsa Indonesia, misalnya Nurcholis Madjid, Akbar Tandjung, Ridwan Saidi, dan lainnya.

“Kita harapkan melalui Munas BPL PB HMI ini, dapat menggembleng calon pemimpin masa depan,” katanya.

Menurut Nana, pemimpin ke depan memiliki banyak tantangan, baik secara nasional, regional, maupun global. Salah satunya, permasalahan perubahan iklim. Sebagai contoh pada 2023-2024 ini, perubahan iklim telah berdampak terhadap lingkungan hidup. Misalnya, bencana kekeringan panjang, banjir, dan lainnya.

“Dalam waktu dekat juga akan ada pemilihan kepala daerah. Kemudian memanfaatkan bonus demografi dan potensi Indonesia, menjadi kekuatan perekonomian dunia,” katanya.

Tantangan ke depan, imbuh Nana, juga berkaitan dengan geopolitik regional dan global. Ia mencontohkan, perang Ukraina dengan Rusia dan Israel dengan Palestina, telah berdampak bagi negara-negara lain.

“Kita harus mengikuti perkembangan Indonesia saat ini. Kita masih dihadapkan tantangan sosial, politik, dan ekonomi. Butuh peran mahasiswa untuk menghadapinya,” sorotnya.

Nana berharap ke depan, pengaderan menghasilkan pemimpin yang kreatif dalam berinovasi dan makin maju. Selain itu dapat merumuskan gagasan untuk menghadapi tantangan tersebut,” jelas Nana. (Humas Jateng)*ul

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *