Potensi Kerawanan Pilkada Lebih Tinggi, Nana Terus Mantapkan Koordinasi

SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Jawa Tengah, akan berjalan aman dan sukses. Sejauh ini, pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Hal itu disampaikannya dalam Rakor Pemantapan Isu-isu Strategis Jelang Pilkada serentak 2024, yang dilaksanakan di Hotel Kesambi, Kota Semarang, Rabu (26/6/2024). Selain Nana, kegiatan tersebut juga menghadirkan pemateri dari Kejaksaan, DPRD Jawa Tengah, serta TNI dan Polri.

Menurut Nana, rakor kali ini sangat penting untuk mengawali sekaligus mengingatkan mengenai persiapan maupun kesiapan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, baik Pemprov Jawa Tengah, panitia penyelenggara (KPU dan Bawaslu), serta TNI-Polri untuk menyukseskan pemilu.

“Kita punya waktu persiapan hingga waktu pendaftaran Pilkada, yaitu 27 Agustus, lalu kampanye dan masa tenang, dan puncaknya itu pemungutan suara di 27 November (2024),” ujar Pj gubernur.

Nana tidak menampik potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada lebih tinggi dari pada Pilpres. Untuk itu, ia memastikan Pemprov Jawa Tengah telah melakukan langkah-langkah persiapan, dengan terus berkoordinasi kepada pihak terkait.

“Perlu saya sampaikan ada empat indikator kesuksesan Pilkada. Yakni partisipasi masyarakat tinggi, terjaganya iklim kondusif, sukses berjalannya tiap tahapan, serta pemerintahan dan pelayanan berjalan tanpa gangguan. Maka, dari awal kita lakukan langkah-langkah koordinasi, kolaborasi dan sinergi dengan baik, sehingga kita yakin segala permasalahan bisa teratasi dengan baik,” pungkasnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *