Kerja Sama “Sister Province” Terjalin 21 Tahun, Pj Gubernur Jateng Terima Kunjungan Delegasi Jurnalis Fujian Tiongkok

SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menerima kunjungan delegasi jurnalis Fujian, Tiongkok, di Gradhika Bhakti Praja, Senin (1/7/2024) malam.

Kunjugan itu dibalut dengan kegiatan Resepsi Jamuan Selamat Datang Delegasi Jurnalis Fujian Republik Rakyat Tiongkok. Sekitar 12 orang rombongan datang melakukan kunjungan sekaligus untuk mempererat hubungan, mengingat Provinsi Fujian Tiongkok dan Pemprov Jawa Tengah telah menjalin kerja sama kemitraan selama 21 tahun.

Fujian dan Jawa Tengah yang berjuluk Sister Province atau Provinsi Kembar ini telah melaksanakan berbagai kerja sama, di antaranya bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, kesehatan, sosial, ekonomi, dan teknologi.

Pantauan di lokasi, Direktur Utama atau Ketua Delegasi Fujian, Chen Jialin datang bersama sebelas orang lain. Mereka duduk menikmati hidangan lokal yang disediakan tuan rumah, sembari saling berbicang satu sama lain.

Chen Jialin menyampaikan, hubungan Provinsi Fujian dengan Provinsi Jawa Tengah telah terjalin lama. Oleh karenanya, kerja sama hendaknya terus dipererat.

“Kali ini, kami memenuhi undangan dari Provinsi Jawa Tengah. Kami pemerintah Provinsi Fujian bersama 12 rekan jurnalis datang, untuk mengadakan komunikasi, hubungan kerja sama yang baik. Dan ini kami yakin akan bisa melakukan kerja sama di antara kedua provinsi,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya akan mengadakan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait kerja sama, industri, penanaman modal, dan banyak aspek lainnya. Pemerintah Fujian juga akan membahas perihal kerja sama lain kedua provinsi, dengan tujuan agar persahabatan lebih erat.

Dalam kesempatan itu, Chen Jialin menjelaskan, Provinsi Fujian selama ini telah mengirimkan 11 kali rombongan persahabatan dan rombongan perekonomian perdagangan, untuk mengunjungi Provinsi Jawa Tengah.

Ia melanjutkan, Provinsi Jawa Tengah juga pernah mengirimkan rombongan sebanyak 18 kali kunjungan persahabatan ke Fujian. Pada saat pandemi Covid-19 lalu, Fujian telah empat kali mengadakan komunikasi untuk saling mendukung. Termasuk, Fujian juga memberikan bantuan saat pandemi.

Menurut Chen Jialin, kunjungan delegasi kali ini juga mempererat hubungan kerja sama secara lebih mendalam, untuk bisa menemukan potensi keindahan Jateng dan potensi lain yang bisa dikerjasamakan.

“Indonesia itu merupakan rekan perekonomian yang sangat besar, rekan perekonomian yang utama di Asia Tenggara,” tuturnya.

Chen Jialin berharap, Fujian dan Jawa Tengah bisa semakin maju perekonomian dan berbagai aspek lainnya. Termasuk, rakyat di kedua provinsi bisa bahagia dan aman.

Sementara itu, Pj Gubernur Nana Sudjana menuturkan, Provinsi Jateng dengan Fujian telah menjalin kerja sama sejak 21 tahun lalu. Selama ini, kunjungan mereka ke Jateng telah berjalan kali ke-11. Sedangkan Jateng ke Fujian telah kali keenam.

“Kerja sama ini sangat baik. Kerja sama ini terus kita tingkatkan. Baru kemarin kita mengirim delegasi (ke Fujian) di bawah Kepala Dinas Kominfo Jateng (Kepala Diskominfo Riena Retnaningrum) ke Fujian. Dengan mengajak 21 jurnalis,” katanya.

Adapun kedatangan delegasi Fujian ke Jateng, imbuh Nana, merupakan kunjungan balasan, dan mereka juga memiliki kegiatan lantaran hubungan kerja sama Indonesia dan Tiongkok telah terjalin erat. Tiongkok merupakan negara investor ketiga terbesar di Jateng, setelah Amerika dan Jepang.

“Mereka ke sini akan melihat investasi mereka di KITB (Kawasan Industri Terpadu Batang). Kemudian ada beberapa lokasi yang akan mereka lihat terkait wisata seperti Sampookong, Lawangsewu, Museum Sangiran, batik Laweyan, dan Borobudur. Mereka akan berada di Semarang selama lima hari,” ujarnya.

Menurut Nana, hal itu sangat baik selaku provinsi kembar. Beberapa bidang yang akan ditingkatkan kerja samanya, yaitu pendidikan, wisata, perdagangan, perdagangan, industri dan penanaman modal. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *