Ajang Krenova, Jateng Telah Berhasil Ciptakan 2.140 Inovasi Teknologi

CILACAP – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berhasil menghimpun 2.140 inovasi teknologi, sepanjang ajang Kreasi dan Inovasi (Krenova). Untuk itu, Jawa Tengah tergolong provinsi inovatif dan mampu membangun ekosistem inovasi.

“Jawa Tengah merupakan provinsi yang sangat inovatif dalam kegiatan krenova. Inovasi yang telah dihimpun dalam bentuk pameran yaitu PPI terkumpul hingga tahun 2024 sebanyak 2140 inovasi. Ini luar biasa,” ujar Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Jawa Tengah, Mohamad Arief Irwanto, saat membuka Pameran Produk Inovasi (PPI) Jawa Tengah 2024, di Alun-alun Kabupaten Cilacap, Selasa (9/7/2024).

Arief menjelaskan, capaian Jawa Tengah tersebut tidak lepas dari usaha keras dan kerja bersama, antara masyarakat dan pemerintah. Salah satu wujud keseriusan dalam mengembangkan kreasi dan inovasi tersebut, adalah ajang PPI.

“Untuk membangun ekosistem inovasi di Jateng didorong dengan berbagai cara. Di antaranya Krenova yang melibatkan masyarakat, perguruan tinggi, komunitas, dan dari pemerintah sendiri ada inovasi untuk pelayanan publik,” terangnya.

Untuk PPI tahun ini, lanjut Arief, menampilkan puluhan kreasi dan inovasi yang dipamerkan di 53 stan. Pameran akan berlangsung hingga 11 Juli 2024.

“PPI itu untuk mempromosikan dan memanerkan kreativitas dan inovasi masyarakat, inovasi perangkat daerah, inovasi perusahaan dan teknologi tepat guna, karya ilmiah, serta sarana hilirisasi informasi produk teknologi, agar memberikan manfaat kepada masyarakat umum,” ungkapnya.

Bukan hanya pameran, terang Arief, PPI tahun ini berlangsung meriah dengan serangkaian acara. Seperti, Expo Cilacap, Pekan Olahraga dan Kesenian Perbatasan, serta Pameran Produk Unggulan Daerah seluruh daerah maupun wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Acaranya berdampingan dengan event yang lain, juga ada Seminar Nasional dan sedekah laut,” tandasnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *